Ujian Nasional (UN) Tahun 2013, Jumlah Paket Soal 20 Paket!

Paket soal UN 2013 20 paket

Paket Soal Ujian Nasional 2013 Adalah 20

Ini berita terbaru seputar Ujian Nasional. Mulai tahun 2013, pemerintah akan menambah jumlah paket soal UN dari 5 buah menjadi 20 buah,  sebagaimana dikemukakan oleh mentri Pendidikan dan kebudayaan, M nuh ,”Kami tetap bertekad pada UN tahun depan ada 20 macam soal dalam satu kelas yang isinya 20 siswa, jadi masing-masing beda semua,” kata M Nuh dalam jumpa pers di Kemendikbud, Jakarta, Kamis (11/10).

Penambahan jumlah paket soal ini merupakan cara pemerintah untuk menekan angka kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional. Maklum walaupun selama ini jumlah paket soal sudah cukup banyak, yakni 5, tetapi kebocoran masih terjadi di sejumlah daerah, katanya. Selain itu tingkat kepercayaan masyarakat atas kemurnian hasil UN masih rendah. Masyarakat masih kurang percaya bahwa hasil UN selama ini tanpa kecurangan. Diharapkan dengan ditambahnya jumlah paket soal menjadi 20 buah, kredibilitas UN di mata masyarakat pun akan meningkat. ( Untuk lebih jelas bisa baca :Perbedaan dan Perbandingan Ujian Nasional UN 2011/2012 dengan Ujian Nasional 2012/2013)

Sosialisasi Kisi-kisi Soal UN 2013 Bulan Oktober

Pemerintah akan mengsosialisasikan kisi-kisi soal UN 2013 pada bulan Oktober 2012. Juga pemerintah, melalui Mendikbud, telah menggulirkan wacana UN tanpa pengawas di ruang ujian. Dengan jumlah soal ujian 20 paket, menurut pemerintah,  tidak mungkin siswa saling contek sehingga pengawasan di ruang ujian menjadi tak perlu.

Integrasi Hasil UN SMA Dengan Seleksi Masuk PT

Untuk tingkat SMA, UN akan diintegrasikan dengan seleksi masuk ke perguruan tinggi (PT). Ini berarti, mulai tahun 2013 lulusan SMA yang hendak mendaftarkan diri ke PT tidak perlu mengikuti tes. Seleksi masuk PT akan menggunanakan hasil UN seperti lulusan SD ke SMP atau lulusan SMP ke SMA. Gagasan sempat menimbulkan pro dan kontra mengingat banyak orang yang menganggap hasil Ujian Nasional tidak murni. Jika kebijakan ini diterapkan maka siswa yang kurang cerdas tapi hasil UN-nya bagus akan dengan mudah bisa masuk perguruan tinggi negeri (PTN).

Share Article on :
inShare

Artikel Terkait :

 

About these ads