By.  Hendi Suhendi

Gavin Atkins dalam situsnya  http://asiancorrespondent.com, menjelaskan, betapa besar peran Sekolah Berasrama (Boarding school) atau Pesantren Modern yang marak di Indonesia, dalam mencetak karakter dan pemahaman keilmuan yang sangat luas, dan umumnya mempu mengantarkan anak didiknya menuju keberhasilan di masa depan.

Hal ini mungkin terjadi, mengingat sistem pendidikan yang di anut, telah menerapkan pola integrasi dalam pendidikan, pengembangan bakat , dan disiplin berbahasa yang lebih dibanding institusi pendidikan yang lain.

Seorang wartawan Amerika dengan nama Sydney J Harris pernah menulis bahwa, “Seluruh tujuan pendidikan adalah untuk mengubah cermin ke jendela.” Jika Anda ingin anak Anda  memiliki jendela yang terlihat di dunia, maka  beberapa pilihan yang lebih adalah sebuah sekolah asrama internasional.

Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak di pondok pesantren lebih mandiri daripada yang lain, dan yayasan pendidikan yang telah membentuk pelatihan intensif dan menyediakan batu loncatan untuk hal-hal yang lebih besar di universitas.

Ada banyak alasan mengapa pesantren dapat mengubah hidup anak Anda, namun salah satu yang paling praktis adalah kesempatan untuk menjadi mahir dalam bahasa Inggris.

Sebagian besar sekolah top dunia asrama internasional menggunakan bahasa Inggris – bahasa global yang mendominasi dunia bisnis, ilmu pengetahuan dan budaya. Siswa yang lebih muda terkena subjek, semakin mudah untuk belajar, dan perendaman telah terbukti menjadi metode yang paling efektif. Pesantren yang berbeda memiliki persyaratan masuk yang berbeda untuk keterampilan bahasa Inggris, tapi pengalaman banyak orang adalah bahwa siswa direndam dalam lingkungan baru di mana bahasa Inggris dituturkan belajar keterampilan bahasa baru sangat cepat.

Terlepas dari tingkat prestasi akademik, kemampuan bahasa Inggris dapat menjadi penghalang utama bagi mahasiswa Asia yang ingin belajar di universitas di negara lain – atau yang ingin melakukannya dengan baik di itu – dan waktu yang dihabiskan di sebuah sekolah asrama internasional di sekolah sebelumnya akan menghapus penghalang. Kemampuan berbahasa Inggris akan membuka jendela kesempatan bagi putra atau putri Anda selama sisa hidup mereka.

Bagi siswa yang sudah memiliki kemampuan bahasa Inggris, pesantren mampu memberikan perspektif internasional bahwa mereka tidak akan menemukan tempat lain. Persahabatan seumur hidup yang dipalsukan, dan banyak dari persahabatan akan memberikan kesan abadi dalam kehidupan.

Pesantren Top juga menawarkan berbagai manfaat lain, Anda tidak akan menemukan di sekolah reguler, seperti ukuran kelas kecil yang membantu guru memberikan perhatian individu dan mendorong partisipasi. Siswa di sekolah asrama umumnya mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk berinteraksi dengan guru. Pesantren yang baik juga sering memiliki fasilitas dan sekolah biasa hanya bisa bermimpi memiliki.

Hal ini sering dapat tercermin dalam kedalaman penawaran subjek dan keluar dari kegiatan sekolah. Berbagai kegiatan di bidang seni dan olahraga misalnya bisa jauh lebih luas daripada apa yang tersedia di sekolah reguler.

Sementara pasti ada struktur dalam pesantren, siswa cepat belajar untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, dan belajar bagaimana menjadi mandiri. Dengan demikian mereka bisa menjadi ideal bagi siswa yang mencari sebuah awal baru yang bisa belajar bagaimana membuat pilihan dengan cara yang mereka tidak ketika tinggal di rumah.

Subyek persembahan seni dan kegiatan luar seperti olahraga dan musik sering jauh lebih luas daripada yang mereka akan mengalami di tempat lain.

Singkatnya, ini adalah segala sesuatu yang akan memberikan anak Anda kesempatan yang lebih besar untuk menemukan tempat di universitas dan berhasil ketika mereka sampai di sana.

Banyak pesantren sekarang berusaha untuk menjadi rumah yang jauh dari rumah dan memiliki sejumlah pilihan yang memungkinkan anak-anak untuk tetap berhubungan secara teratur dengan orang tua mereka – misalnya, sesi di Skype dan akses ke ponsel pada akhir pekan.

Memilih sekolah berkualitas baik di mana untuk papan benar-benar penting. Untuk ini, Anda perlu untuk menyesuaikan kebutuhan anak Anda dengan budaya sekolah .

Untungnya, dunia adalah tempat yang besar, dan ada banyak pesantren yang luar biasa di seluruh dunia dengan track record yang luar biasa.  Gavin Atkins menyusun 10 Asrama Terbaik di Dunia untuk menjadi Pilihan anak anda bersekolah, namun Bukan pesantren Modern Islam tentunya !, Adapu ke 10 Sekolah Asrama Terbaik di Dunia yaitu :  :

 

JFK INTERNATIONAL – SWISS

Swiss adalah identik dengan sekolah asrama berkualitas tinggi, dan salah satu alasan untuk ini adalah JFK International. Terletak di salah satu desa pegunungan paling indah di Pegunungan Alpen Swiss, JFK adalah bahasa klasik asrama internasional Inggris dan sekolah hari itu melayani untuk 60 sampai 70 siswa berusia antara 5 dan 14. Sementara JFK secara internasional terkenal karena keunggulannya di bidang pendidikan, itu membanggakan diri menjadi sebuah organisasi keluarga-gaya kecil di mana anak-anak diperlakukan sebagai individu. Sedangkan JFK memelihara komputer terbaru bantu belajar, sekolah menganggap interaksi antara siswa dan guru menjadi faktor paling penting dalam mengembangkan bakat setiap anak. Kennedy School adalah tempat yang ideal bagi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang. Kurikulum di JFK ini didesain khusus untuk sekolah-sekolah internasional dan memberikan siswa dengan banyak pengalaman melalui kegiatan, wisata dan olahraga. Fundamental untuk keberhasilan adalah keyakinan kuat bahwa setiap anak adalah individu yang unik dengan kebutuhan yang berbeda. Kunjungi website.

 

Branksome HALL – CANADA

Didirikan pada tahun 1903, Branksome Hall adalah salah satu hari utama Kanada dan sekolah asrama untuk anak perempuan. Mendidik anak perempuan dari TK junior untuk masuk universitas, itu adalah hari independen, non-denominasi perempuan dan asrama sekolah dan mengajarkan International Baccalaureate bergengsi, kualifikasi yang diakui seluruh dunia. Branksome menawarkan kurikulum liberal kuat seni yang mengembangkan pemikiran kritis dan keterampilan penyelidikan, menumbuhkan keseimbangan antara akademisi dan co-kurikuler pilihan, dan menekankan perspektif global. Asrama mahasiswa di Branksome dapat mendaftarkan diri dari Kelas 8-12, dan menikmati program diperkaya dalam lingkungan tempat tinggal peduli. Branksome memiliki wawasan internasional, dengan banyak guru berkualifikasi tinggi yang memiliki pengalaman mengajar internasional, dan anak perempuan dari Branksome sekarang dapat ditemukan di universitas terbaik di dunia. Kunjungi website.

 

DIOCESAN SEKOLAH UNTUK PUTRI – SELANDIA BARU

Kampus Auckland Sekolah Keuskupan for Girls adalah salah satu dari top-performing sekolah di Selandia Baru. Ini telah beroperasi selama lebih dari satu abad dan membawa pada jenis reputasi untuk keunggulan yang melihat putri dan cucu kembali ke kampus. Meskipun tradisi bangga dan sejarah, ini bukan sekolah yang taruhannya reputasi pada kejayaan masa lalu. Ini pada daftar shortlist pusat Selandia Baru paling dinamis pembelajaran, dilengkapi dengan sumber daya mutakhir kelas dan fasilitas rekreasi spektakuler. Dan itu hanya mendapatkan lebih baik dengan setiap tahun. Banyak siswa dalam hujan es hadir dari daerah, tetapi kontingen kuat siswa internasional juga terdaftar. Innes House juga memiliki ruang untuk menampung hingga 35 siswa asrama. Kunjungi website.

 

Westminister SEKOLAH – INGGRIS

Untuk memahami apa pendidikan luar biasa lembaga Westminster School, semua yang perlu Anda lakukan adalah membaca peran-panggilan menakjubkan alumni terkenal, mulai dari tokoh-tokoh sejarah seperti Christopher Wren, Ben Jonson dan AA Milne melalui aktor Peter Ustinov, komposer Andrew Lloyd Webber dan terkenal bintang pop modern day, seperti Dido dan Gavin Rossdale. Terletak di sebelah Westminster Abbey dan Gedung Parlemen di London, Westminster School adalah salah satu yang paling terkenal asrama independen di dunia dan sekolah hari. Hebatnya, asal-usul dari Sekolah dapat ditelusuri kembali ke sekolah biara dari biara Benediktin didirikan lebih dari seribu tahun yang lalu. Selama masing-masing dari lima tahun terakhir, 50 persen dari siswa diterima oleh universitas Oxford dan Cambridge, 45 persen memilih program yang sesuai untuk mereka di universitas lain negara terkemuka dan 5 persen telah mengambil tempat di universitas-universitas di Amerika. Kunjungi website.

Charterhouse – INGGRIS

Pada tahun 2011, Charterhouse merayakan 400 tahun yang luar biasa pendidikan publik sebagai salah satu sekolah bersejarah besar Inggris. Namun, Charterhouse menawarkan pendidikan yang dinamis dan progresif, dan lulusannya terus mengisi universitas-universitas terbaik di Inggris. Prioritasnya bukanlah pemeriksaan nilai tetapi stimulasi penyelidikan independen dan rasa ingin tahu intelektual. Siswa didorong untuk menjaga keseimbangan antara kerja akademis dan berbagai kesempatan ekstra-kurikuler, dengan prestasi olahraga dan budaya dihargai sama. Anak laki-laki mengaku Charterhouse Tahun 9, ketika sebagian dari mereka adalah 13. Sejumlah terbatas anak laki-laki dari luar negeri mengaku setelah mengambil tes dalam bahasa Inggris, Matematika dan Ilmu Pengetahuan, biasanya di bulan Januari tahun masuk. Charterhouse juga melayani sekitar 50 anak perempuan yang mengaku setiap tahun menjadi bentuk keenam. Kunjungi website.

UWCSEA VISI – SINGAPURA

United World College of South East Asia janji tidak kurang dari, hidup mendefinisikan pengalaman holistik pendidikan bagi siswa di dua kampus di Singapura. UWCSEA adalah yang kedua dari 13 perguruan tinggi di seluruh dunia yang merupakan bagian dari gerakan United World College, yang didirikan dengan tujuan menghindari perang dengan menggunakan pendidikan untuk mempromosikan pemahaman internasional, menyatukan orang, bangsa dan budaya untuk perdamaian dan masa depan yang berkelanjutan. Dengan demikian, UWCSEA memiliki fokus internasional dan telah mengembangkan reputasi seluruh dunia untuk menyediakan holistik pendidikan berbasis nilai menantang dengan penekanan pada prestasi akademik, pelayanan kepada orang lain, kepedulian terhadap lingkungan, kerjasama dan kepemimpinan. UWCSEA menawarkan program untuk anak-anak dari TK sampai kelas 12, termasuk sejumlah kualifikasi International Baccalaureate. Kunjungi website.

WOODSTOCK SEKOLAH – INDIA

Terletak di kaki bukit Himalaya, Woodstock School adalah salah satu sekolah elit perumahan di India. Woodstock Sekolah didirikan pada 1854, dan untuk sebagian besar sejarahnya terutama melayani kebutuhan misi dan keluarga terlibat dalam pelayanan sosial di India. Warisan ini berlanjut hari ini di komitmen sekolah untuk nilai-nilai keunggulan, tanggung jawab pribadi dan pelayanan. Woodstock bertujuan untuk mengembangkan warga global yang bertanggung jawab dan pemimpin dengan menyediakan pendidikan berkelas dunia internasional, berakar pada warisan Kristen dan nilai-nilai, untuk berbagai kelompok mahasiswa, terutama dari keluarga dalam pelayanan Kristen atau publik, dalam suatu lingkungan Himalaya India. Sekolah menyediakan pendidikan bagi siswa usia 3 sampai 18, meskipun pesantren hanya tersedia untuk siswa dari kelas 3 dan seterusnya. Woodstock memiliki reputasi internasional untuk keunggulannya, seperti yang ditunjukkan oleh fakta bahwa mayoritas siswa berasal dari negara-negara selain India. Kunjungi website.

Dulwich COLLEGE MANAJEMEN INTERNATIONAL

Dulwich Universitas Manajemen Internasional (DCMI) adalah jaringan fasilitas pendidikan di Asia berdasarkan filsafat pendidikan salah satu sekolah terkemuka Inggris independen, Dulwich College, London. DCMI mulai beroperasi di China, dengan pendirian Dulwich College di Shanghai, co-pendidikan, non-denominasi lembaga akademis yang menawarkan pendidikan bagi komunitas ekspatriat. Menyusul keberhasilan Shanghai Universitas DCMI telah mendirikan Dulwich College di Beijing, Suzhou, dan Zhuhai di Cina maupun di Seoul, Korea Selatan. DCMI juga mengembangkan TK bilingual di bawah nama merek terpisah, Windsor, dan mengembangkan A-level dan layanan penempatan maju untuk pasar lokal. Keberhasilan tersebut Kampus dan Sekolah telah membentuk DCMI sebagai penyedia terkemuka pendidikan sekolah internasional di Asia. Kunjungi website.

KANADA ACADEMY – JEPANG

Terletak di Pulau Rokko di Kobe, Kanada Academy didirikan dengan misi siswa inspirasi untuk menanyakan, merenung, dan memilih untuk penuh kasih dampak dunia sepanjang hidup mereka. Kanada Academy adalah sekolah internasional swasta disetujui oleh Menteri Pendidikan Jepang, dan bersertifikat untuk penghargaan baik sekolah AS tinggi dan diploma International Baccalaureate. Tubuh siswa benar-benar internasional dalam Surat make up, dengan sekitar 17 persen dari siswa dari Amerika Utara, 7 persen dari Eropa, 55 persen dari Asia, dan 20 persen yang mewakili seluruh dunia. Kanada Akademi memiliki asrama internasional untuk siswa di kelas 9-12. Tata letak tempat tinggal untuk asrama telah dirancang untuk menciptakan lingkungan keluarga dan untuk membina hubungan yang lebih dekat antara siswa dan orang tua mereka penduduk rumah. Kunjungi website.

GEELONG GRAMMAR SEKOLAH – AUSTRALIA

Dengan lima kampus spesialis – Bostock, Toorak, Timbertop, Tengah dan Sekolah Menengah Atas – Grammar Geelong melayani untuk segala usia siswa sekolah. Sekarang, lebih dari 150 tahun, Geelong Grammar telah berkembang menjadi salah satu sekolah asrama paling bergengsi di Australia, yang paling terkenal hosting yang HRH Pangeran Charles di situs Timbertop pada tahun 1966. Geelong Grammar School adalah terbesar Australia co-pendidikan Pondok Pesantren, menarik keragaman yang luar biasa dari mahasiswa dari seluruh dunia, dan mempromosikan filosofi bahwa pendidikan adalah dinamis dan berkesinambungan. Kampus Boarding di Corio merupakan pusat bersemangat untuk studi olah raga, rekreasi dan diawasi dengan lebih dari 100 kegiatan ko-kurikuler yang tersedia untuk siswa. Mengajar di Sekolah Grammar Geelong mempekerjakan mengajar implisit dan eksplisit keterampilan Psikologi Positif dan prinsip-prinsip di setiap kampus dan di semua aspek kehidupan sekolah yang diketahui efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan meningkatkan emosi positif pada siswa.

Sumber , Disarikan dari situs http://asiancorrespondent.com

About these ads