Maksud dari judul postingan saya diatas adalah bagaimana cara menggunakan atau memanfaatkan google translate pada browser firefox  atau browser lainnya seperti halnya fitur translate yang dimiliki oleh google chrome. Banyak orang beralasan menggunakan google chrome dengan alasan kemampuan translate bahasanya. Ikuti cara berikut ini untuk mentranslate bahasa sesuai keinginan dengan mempergunakan browser selain google chrome terhadap suatu situs yang berbahasa asing. Oh ya bagi pemakai setia IDM, tanggal 1 pebruari kemarin IDM ver. 6.05 resmi dirilis, silahkan lihat pada post IDM untuk mendownloadnya

Kembali ke pokok bahasan langkah pertama buka browser Anda, saya contohkan disini saya menggunakan browser firefox ver. 3.6 pada url ketikan  atau copy paste alamat berikut ini : http://translate.google.co.id /# maka akan tampil halaman seperti gambar berikut ini :

Disini Anda bisa menentukan bahasa apa yang ingin di terjemahkan dengan google translate. misal dari bahasa inggris ke bahasa indonesia.

Ketikkan alamat url yang ingin Anda masuki pada kolom pengetikkan, klik terjemahkan, maka secara otomatis Anda akan dibawa ke halaman url yang Anda tuju dalam keadaan sudah diterjemahkan.

Apabila Anda ingin masuk kesitus lain yang bukan berbahasa inggris, jerman misalnya, maka rubah terlebih dahulu bahasa yang dimaksud, untuk indonesia biarkan saja tidak perlu dirubah, setelah itu ketikkan alamat baru pada tab url.

Terasa mudah dan cepat apabila Anda sudah terbiasa, setelah membaca postingan ini tidak perlu lagi Anda memakai cara mengcopy semua halaman url dan mempastekan ke google translate. Ini cara yang tidak praktis dan tidak efektif. Selamat mencoba….!  :D

 Sumber asli : http://astrasatria.wordpress.com/2011/02/03/cara-memanfaatkan-google-translate-pada-browser-lainnya/