ABSTRAK

Latar belakang dilakukannya penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan mata pelajaran Teknologi dan Ilmu Komunikasi karena rendahnya nilai menulis surat lamaran, oleh karena itu ingin mencari alternatif media yang cepat, tepat, murah untuk siswa kelas 12 SMAN 1 Rangkasbitung tahun 2008. Dengan adanya itu maka diperlukanlah suatu upaya peningkatan kualitas menggunakan Learning sebagai model pembelajaran yang berbasis TIK, penerpaan kolaborasi dianggap sesuai untuk mengatasi permasalahan tersebut. Adapun penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, siklus I dalam 3 pertemuan dan siklus II dalam pertemuan. Setiap siklus terdiri dari langkah – langkah menentukan perencanaan tindakan, observasi, refleksi dan analisis serta reaksi. Hasil dari penelitian ini adalah, terdapat peningkatan kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan sebesar 15,06 point dari siklus I dan siklus II. Bila dilihat dari siswa yang mendapat nilai ≥ 60 adalah 51,0 %. Rata – rata 49,95 siklus I, siklus II siswa yang mendapat nilai ≥ 60 = 77,0%. Rata – rata 65,0%. Bahkan peningkatannya ada yang mencapai 30 poin. Peningkatan ini diikuti pula tanggapan siswa menyenangi media alternative ini. Banyak siswa yang menyarankan media alternative ini dalam pelajaran menulis surat lamaran pekerjaan menulis surat lamaran pekerjaan untuk dipertahankan karena belajar lebih cepat bahkan dapat dikembangkan dengan media – mdia yang lain.

Kata kunci : Pembelajaran surat lamaran pekerjaan, tutorial Chatting.

 

KATA PENGANTAR

 

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas ijin-Nya laporan Penelitian Tindakan Kelas dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran SMAN 1 Rangkasbitung dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya. Peningkatan ini berjudul “Meningkatkan Kamampuan Menulis Surat Lamaran Melalui Tutorial Chatting Sebagai Media Alternative Di Kelas XII SMAN 1 Rangkasbitung” P enelitian ini terwujudkan karena terdapat permasalahan yang mendesak untuk mencari cara yang lebih menarik, menyenangkan, menjawab tantangan global.

Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah masih rendahnya pelajaran menulis menuntut guru untuk mencari media – mdia yang lebih baik, cepat, mudah dan menarik.

Penulis menyadari dengan penuh ikhlas untuk mengatakan bahwa tanpa bantuan berbagai pihak, laporan penelitian tindakan kelas ini tidak akan dapat diselesaikan dengan baik. Kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan setulus – tulusnya kepada yang terhormat :

  1. Dra Hj. Titin Martini, M.Pd. selaku Kepala SMAN 1 Rangkasbitung.
  2. Segenap kolaborator, Pak Dedi, Bu Eneng Kustiawati, S.Pd, dan Bu Nani.
  3. Teman – teman guru SMAN 1 Rangkasbitung.
  4. Ananda kelas XII SMAN 1 Rangkasbitung.

Penulis sangat menanti kriti dan saran yang sifatnya membangun  guna penyempurnaan laporan PTK ini. Kepada Allah SWT jualah penulis mohonkan semoga amal baik dari berbagai pihak yang telah ikut andil dalam penulisan ini mendapat ridho-Nya dan semoga penelitian ini bermanfaat bagi kita semua. Amin.

 

                                                                  Rangkasbitung, ……..2009

 

 

                                                                              Penulis

 

DAFTAR TABEL

Tabel         4.1.      Pedoman Penskoran

4.2.        Hasil Tes Awal dan Permainan

4.3.        hasil Pengetahuan Bentuk Surat

4.4.        Hasil Pelaksanaan Aktivitas Siswa

4.5.        Penggunaan Alat Tulis Siswa

4.6.        Hasil Aktivitas Siswa Pertemuan Pertama

4.7.        Aspek – aspek Yang Dinilai

4.8.        Hasil Aktivitas Siswa Pertemuan Ketiga

4.9.        Hasil Aktivitas Siswa Pertemuan Keempat

4.10.      Penilaian Kemampuan Praktis Meliputi Rancangan Jaringan

4.11.      Kecepatan Pembuatan Surat Menggunakan Komputer

4.12.      Hasil Aktivitas Pertemuan Kelima

4.13.      Hasil Perolehan Tes Formatif I dan II

4.14.      Data Aktifitas Siswa Siklus I dan II dan Peningkatannya

 

DAFTAR GAMBAR

Gambar     4.1.      Menunjukan Proses Pembelajaran

4.2.        Siswa Sudah Aktif Mencari Iklan

4.3.        Menunjukan Proses Pembuatan Surat Lamaran

4.4.        Menunjukan Proses Diskusi

4.5.        Menunjukan Proses Diskusi Email

4.6.        Menunjukan Proses Diskusi Surat Ottroctmen

4.7.        Menunjukan Proses Belajar

4.8.        Menunjukan Proses materi Keenam

 

 

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran A

Lampiran A.1 Silabus dan penelitian dan daftar hadir

Lampiran A.2 RPP Pertama I (Bahasa Indonesia)

Lampiran A.3 Bahan Ajar dan Tugas Pertemuan I

Lampiran A.4 RPP II (TIK)

Lampiran A.5 Bahan Ajar dan Tugas Pertemuan II

Lampiran A.6 Pertemuan III

Lampiran A.7 Bahan Ajar dan Tugas Pertemuan II

Lampiran A.8 Test Awal

Lampiran A.9 test Formatif I

Lampran A.10 Test Formatif II

Lampiran A.11 Lembar Observasi

Lampiran A.12 Angket Pendapat Siswa

Lampiran A.13 Format Lembaran Jurnal Harian

 

 

 

 

 

 

Lampiran B

Lampiran B.1 Tabel Data Hasil Nilai Test Awal

Lampiran B.2 Tabel data hasil nilai test formatif I

Lampiran B.3 Tabel data hasil nilai test formatif II

Lampiran B.4 Tabel data kelompok peserta

Lampiran B.5 Data hasil observasi Siklus I

Lampiran B.6 Data Hasil Observasi Siklus II

Lampiran B.7 Daftar Observasi Siswa Pertemuan I

Lampiran B.8 Daftar Observasi Siswa Pertemuan II

Lampiran B.9 Daftar Observasi Siswa Pertemuan III

Lampiran B.10 Daftar Observasi Siswa Pertemuan IV

Lampiran B.11 Daftar Observasi Siswa Pertemuan V

Lampiran B.12 Daftar Observasi Siswa Pertemuan VI

Lampiran B.13 Hasil Angket Jawaban Siswa