MGMP PAI PROVINSI BANTEN

REKAM PROSES KEGIATAN  WORKSHOP STRATEGI PEMBELAJARAN

Waktu              :  Kamis, 7 Februari 2013

Tempat             :  Aula Kanwil Kemenag , Provinsi. Banten

  • Kegiatan 1
  1. PEMBUKAAN
  2. Waktu               : Pukul 08.30 – 10.30
  3. Acara               :  Sambutan sambutan yang disampaikan oleh :
  1. Bp.Khawasi, S.pd (ketua Panitia Kegiatan) , memaparkan tujuan diadakan kegiatan Workshop  Strategi pembelajaran, Laporan pelaksanaan, program Mgmp dan Harapan MGMP.
  2. Bapak  Drs.H.Iding Mujtahidin, M.pd ( Kakanwil kemenag Provinsi Banten), Beliau memaparkan :

a)      Kemenag Kanwil Provinsi Banten melakukan penataan setrukturisasi kaitannya dengan pendidikan agama. Ada 3 (tiga) katagori, yaitu (1) Pendidikan agama dan Keagamaan, Bahwa Pendidikan agama harus diajarkan mulai dari Tingkat TK sampai jenjang perguruan tinggi, (2) Pendidikan Keagamaan meliputi Pondok Pesantren, Majelis Ta’lim dll. (3) Pendidikan Madrasah yang meliputi pendiikan agama harus diajarkan mulai dari jenjang RA sampai Perguruan tinggi.

b)      MGMP agar menjadi Building Learning Organiastion (BLO), mampu mendiskusikan segala permasalahan PAI tentang kurikulum, guru, metode, media, bahan ajar dll yang nantinya akan menjadi kesimpulan dan ditetapkan sebagai program prioritas dalam pengembangan kegiatan MGMP.

c)      Guru PAI harus menjadi guru yang professional, artinya memiliki keahlian yang didasarkan kepada 3 (tiga) indikasi, yaitu ; (1) GPAI memiliki kompetensi intelektual, (2) GPAI memiliki kompetensi Spiritual dan (3) GPAI memiliki kompetensi Sosial.

d)      Menyikapi penguatan kurikulum tahun 2013 yang akan diberlakukan mulai tahun 2013, bahwa kurikulum 2013 lebih menitikberatkan kepada pendidikan karakter, yakni mengintegrasikan kemampuan kognitif dengan psikomotor.

e)      Pengembangan metodologi PAI harus lebih ditingkatkan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, agar Pendidikan Agama Islam memiliki hasil yang optimal bagi peerta didik di kemudian hari.

  • Kegiatan 2  :

Waktu                    : Pukul  10.30-12.00

Acara                     : Strategi Pembelajaran Aktif dan Implementsinya

Nara Sumber         : Drs. Asip Suryadi, M.Ed.

Proses Kegiatan    : 1.     Sesi 1     :

Nara sumber mengadakan appersepsi tentang pembelajaran aktif yang penjelasan mengenai konsep dasar strategi pembelajaran aktif bagi guru PAI. Filosofis dan Tujuan pengembangan pembelajaran aktif serta implementasinya dalam pembelajaran PAI dikelas.

  1. Sesi  2    :

Dilanjutkan dengan Simulasi Model pembelajaran Direct instruction, dengan terlebih dahulu mengajak peserta permainan Jerry dan tom. Membentuk kelompok, untuk mengisi Quiz yang disediakan oleh penyaji. Peserta secara bergiliran mengisi jawaban pertanyaan, untuk kemudian adu cepat, dengan mempelkan hasil jawaban di dinding dengan pemberian nilai skor pada jawaban peserta yang mendekati benar/benar.

  1. Sesi  3   :

Pemaparan tentang dasar,  tujuan, karakter  PAI, implementasi. Untuk mencapai  pembelajaran dibutuhkan pendekatan dan strategi pembelajaran yang tepat.

Waktu              : 12.30-13.00

Acara               :  Soliskan

  • Kegiatan 3

Waktu                    :    13.30 – 14.00

Acara                     :    Lanjutan Strategi Pembelajaran Aktif dan Implementsinya

Nara Sumber         :    Drs. Asip Suryadi, M.Ed.

Proses Kegiatan     :    Melanjutkan simulasi kegiatan model pembelajaran, dengan melibatkan peserta dalam bentuk berkelompok , dengan pendekatan model, concept Mapping, model zigshaw dan model pelangi.

hendi suhendi, S.Ag