Gambar adalah Bahasa diam, yang mengungkapkan pesan, merangkai informasi, meneriakan keadaan bahkan kadang, gambar mampu mengkomunikasikan banyak hal, yang membuat hati tertusuk, terinpirasi, tertampar bahkan tergugah…Gambar adalah “bisikan “….

 


Gambar yg sangat terkenal. Nguyen Ngoc Loan kepala polisi Vietnam Selatan mengeksekusi mati seorang pemuda yg diduga sebagai Vietcong. Gambar ini memenangkan hadiah pulitzer


Gambar terkenal lainnya yg diambil 1930. 2 orang pemuda afro american yg dituduh memperkosa wanita kulit putih dan membunuh pacarnya, diambil secara paksa oleh gerombolan massa kulit putih yg marah. Mereka lalu digantung.


Little Rock’s Central High adalah saksi dari peristiwa ini. untuk pertama kalinya seorang pemudi afro american mengikuti SMU yg selama ini hanya menerima siswa kulit putih. Hari pertamanya di sekolah diwarnai intimidasi dan ejekan. dia hanya bertahan sekolah selama 4 hari.


“The Tank Man” gambar seorang mahasiswa yg berdiri membisu di depan tank-tank pemerintah RRC yg akan menumpas demonstrasi mahasiswa di lapangan Tiananmen


Thích Quảng Ðức, seorang pendeta Buddha dari Vietnam membakar dirinya sendiri hingga tewas dalam rangka protes kepada pemerintah. Semua yg hadir dan menyaksikan aksi ini terheran-heran karena si pendeta selama aksi membakar dirinya tidak tampak kesakitan dan menjerit-jerit. ia tetap duduk diam dalam Lotus Pose hingga menjadi abu.


Tragedi untuk mengakhiri tragedi. Bom atom yg dijatuhkan Allied Force di Nagasaki untuk mengakhiri WWII


Albert Einstein si jenius abad 20 termasuk sosok yg jenaka. Foto ini adalah buktinya


US Marine menancapkan bendera Amerika di Iwo Jima. ini foto WWII di pasific theatre (Pertempuran pasukan sekutu versus Jepan) yang amat terkenal


1932. pekerja konstruksi di New York makan siang bersama di ketinggian GE Building at Rockefeller Center


Gambar terkenal lainnya: para pekerja yg difoto sedang istirahat di palang tinggi


Tragedi terkenal lainnya dari perang Vietnam. “The Napalm Girl”. Phan Thị Kim Phúc (lahir 1963) pada umurnya yg ke-9 terkena serangan bom Napalm dari pasukan Amerika. ia berlari telanjang sambil menangis.


Sudan – 1993. Gambar yg sangat mengerikan ini memenangkan hadiah Pulitzer. seekor burung pemakan bangkai menunggu dengan sabar seorang bayi yg berjuang untuk bertahan hidup. fotografernya bunuh diri tidak lama setelah menerima hadiah tsb (1994)


Omayra Sanchez (1985). Pekerja Palang Merah berjuang keras menyelamatkan gadis yg terjebak ini. Mereka gagal. Setelah 60 jam kemudian Omayra tewas.


“The Falling Man” diambil dari tragedi 9/11.


Kamp konsentrasi di Buchenwald. Tentara Rusia dan Sekutu yg membebaskan tempat ini menemukan neraka di bumi.


“The Kiss” diambil setelah Amerika memenangkan WWII. Pasukan US kembali dan berparade di jalan-jalan. Bertahun-tahun kemudian foto ini menjadi perdebatan karena banyak yg meng-aku-aku sebagai pasangan yg berciuman di Times Square ini :)


“Earthrise”

Sumber  : webgaul.net, credit goes to red_conjurer@yahoo.com