Satu hal yang sering menggelitik dalam pikiran para guru adalah, seperti apa sesungguhnya model silabus dan Rpp pada kurikulum 2013.

Beruntung Saya menemukan Beberapa model contoh Silabus dan Rpp yang mungkin kita bisa jadikan referensi ( disusun oleh Komunitas FB ikatan Guru Indonesia ) .

Meski hanya model untuk pembelajaran IPA, namun  untuk mata pelajaran lain bisa diadaftasi sesuai kebutuhan. Untuk contoh Silabus dan Rpp bisa klik Contoh Silabus dan RPP Kurikulum 2013.

Memperhatikan contoh silabus dan RPP yang diajukan ini,  ada nuansa yang berbeda dengan RPP yang dikembangkan selama ini, diantaranya:

  • Langkah-langkah pembelajaran tidak lagi mencantumkan secara eksplisit dan detil tentang siklus eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, tetapi telah terbingkai secara utuh, dengan merujuk pada metode pembelajaran yang dipilih.
  • Nilai-nilai dalam pendidikan karakter tidak hanya sekedar “ditempelkan” dalam rumusan tujuan atau langkah-langkah pembelajaran.
  • Dan yang paling utama, pendekatan pembelajaran yang hendak dikembangkan telah menggambarkan sebuah proses pembelajaran yang lebih mengedepankan peran aktif siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan dan keterampilannya. Sementara guru  lebih banyak menampilkan perannya sebagai pembimbing dan fasilitator belajar siswa (lihat langkah-langkah dalam kegiatan inti).
  •  

    Sumber : Link contoh Silabus dan Rpp adalah Sumber Utama Tulisan

    Iklan