Gambar

By. Hendi Suhendi

Siapa yang tak kenal  Spiderman, Batman,atau superman ?, hampir separuh makhluk dibumi mengenal sosok Pahlawan fiksi  pembela kebenaran ini.

Selain mempunyai  kemampuan heroic   luar biasa,  yang  tidak dimiliki manusia lain umumnya dibumi, beberapa tokoh superhero ini, tampil menarik dan unik, baik dari cara berpakaiannya yang khas dan mudah dikenali  maupun  dari kepribadiannya yang  elegan ,mengesankan…

Superhero, tentu saja diinginkan dan ditunggu keberadaannya, terutama oleh anak anak yang mengidolakannya . Tidak jarang Anak anak mengikuti  cara berpakaian mereka, aktifitas heroic mereka, bahkan lebih jauh, mereka ingin menjadi “ To Be “ superhero pujaannya !

Guru Superhero

Tapi mungkinkah guru bisa tampil sebagai Superhero di kelas ?, yang mampu  mempengaruhi anak , ditunggu, bahkan di idamkan keberadaannya ?

Tentu saja bisa…!, meski  bukan sebagai pahlawan yang berpakaian aneh dan unik itu, atau tiba tiba saja guru bisa merayap  di dinding atau terbang dikelas kesana kemari bak superman. Namun  prinsip prinsip Superhero bisa diterapkan di kelas , sehingga suasana  belajar bisa berhasil  dengan baik, dan tentu saja, sang guru superhero akan mampu menginpirasi  anak berbuat hal yang diinginkan,  sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Prinsif prinsif Superhero

Adapun prinsif prinsif Superhero yang bisa diterapkan dikelas  sebagai berikut :

1.       Berubah

“Berubah..!” , itulah kata kata yang khas  diucapkan sekelompok anak muda superhero asal  Jepang  POWER RANGER, ketika mereka merubah dirinya menjadi lebih hebat, ada yang berubah menjadi merah, kuning , biru, hitam, bahkan kesukaan anak putri ,Power ranger Pink.

Sama halnya seperti para superhero  yang lain, tampaknya untuk menjadi sosok hebat, sesorang mesti  merubah dirinya, menjadi sosok yang lain. Peter Parker, sebelum jadi spiderman, dia adalah pemuda yang lemah, tak percaya diri ,berkacamata culun, bahkan takut terhadap perempuan. Wayne sebelum jadi Batman dia hanyalah pengusaha kota, seperti pengusaha gotham pada umumnya.  Bahkan setali tiga uang dengan  Peter parker dan Wayne,  Clark Kant hanya mampu menjadi wartawan local dengan gaji minim, pemalu dan sering menjadi sasaran marah sang bos di kantor,tapi jangan ditanya ketika Clark berubah menjadi Superman..!

Jadi intinya , untuk menjadi Guru  yang hebat dikelas harus di awali dengan  Perubahan Diri, Perubahan paradigma mengajar, perubahan strategi dan inovasi pembelajaran . tanpa perubahan itu semua, tampaknya akan jauh menjadi guru yang diidamkan , apalagi mampu  menginfirasi anak dikelas.

2.       Memilki Ciri Khas

Salahsatu keunikan dari setiap superhero adalah  penampilan mereka yang  khas, gampang dikenali dan tidak pernah berubah. Brand dalam setiap produk itu penting. Brand yang baik, dan dikenal luas akan sering diperbincangkan, tidak jarang, saking lakunya ditiru.

Hendaknya seorang guru harus memliki ciri khas yang unik, menyenangkan, gampang dikenali dari pribadinya yang baik, akhlaqnya yang sopan, humoris, bewawasan , berpakaian rapi, atau bahkan disiplin yang tinggi, komitmen terhadap aturan, dan sifat sifat khas yang baik, yang terus melekat dibenak siswa seterusnya. Bukan sebaliknya sifat buruk yang khas yang diingat siswa.

3.       Prinsif menolong Tanpa pamrih 

Ciri khas yang lain dari Supehero adalah cara berpakaiannya yang menyembunyikan dirinya. Hal ini dilakukan agar  orang tidak mengenal siapa orang yang sering menolong banyak orang itu, menyelamatkan banyak nyawa, bahkan rela dirinya berkoban dalam bahaya yang mengancam.

Tidak terbersit sedikitpun para Superhero ini, ingin mendapat bayaran, ingin terkenal atau disanjung dan dipuja.Baginya pengabdian tulus adalah tugas terbesar dalam hidupnya.

Seorang Guru dituntut untuk ikhlas dan menolong anak didiknya dengan penuh pengorbanan. Yakinlah ALLAH SWT akan menolong keluar dari kesulitan hidup, paling tidak akan berbahagia seperti para superhero itu..

4.       Memperhitungkan Strategi

Sosok Batman adalah satu dari sekian contoh Supehero, yang senantiasa mempersiapkan langkah langkah Heroiknya . Strategi dan pendekatan, persiapan alat, dengan berbagai kemungkinan hasil yang terburukpun direncanakan, padahal Dia tahu percis kelebihan yang dimilikinya.

Dan terbukti hasinya luar biasa….

Jadi , kata siapa guru tidak bisa jadi superhero…

Iklan